loading...
loading...

Friday, August 30, 2019

Prestashop: Panduan Lengkap 2019

 Bagi Anda para pemula bisnis online, saat ini terdapat fitur-fitur canggih yang memang sengaja dikembangkan oleh developer untuk mulai membangun sebuah bisnis online. Salah satu fitur yang  bisa Anda gunakan untuk memudahkan Anda memulai bisnis online adalah PrestaShop. PrestaShop merupakan salah satu fitur open soure yang bisa Anda gunakan secara bebas dan gratis. Pada saat ini sudah banyak yang menggunakan fitur ini untuk memudahkan Anda memanage bisnis online anda.
PrestaShop merupakan salah satu fitur opens soure e-commerce gratis yang paling banyak digunakan dan jumlah komunitas yang besar. Nah, selangkapnya mengenai pengertian, cara menggunakan, dan cara-cara lainnya yang berhubungan dengan prestasop akan kami jelaskan pada artikel kali ini. Yuk, simak!

Apa itu PrestaShop?

PrestaShop adala salah satu CMS berbasis PHP MySQL yang biasa lebih sering digunakan untuk toko online karena memang basis dari themes yang beredar kebanyakan berbasis toko online. Hal inilah yang membuat beberapa orang memilih PrestaShop dibandingkan CMS lain seperti WordPress untuk membuat toko online.
PrestaShop sendiri disebarluaskan secara gratis atau biasa dikenal dengan open source. Jadi, PrestaShop merupakan suatu sistem dengan menggunakan manajemen seperti konten keranjang belanja e-commerce yang professional yang bisa Anda unduh atau download secara gratis.
Banyaknya pengguna dari PrestaShop pada saat ini sudah membuktikan bahwa fitur e-commerce yang bisa Anda download dan Anda gunakan secara gratis ini bisa menjadi solusi bagi toko online Anda. Hingga saat ini pengguna dari PrestaShop adalah sekitar lebih dari 50 ribu anggota masyarakat, sedangkan untuk pengguna toko online yakni sekitar 33 ribu toko online yang sudah memanfaatkan kemudahan dan solusi yang diberikan oleh prestashop.
PrestaShop merupakan salah satu open source commerce yang populer untuk digunakan dalam membuat toko online. PrestaShop sudah memiliki komunitas tersbesar di dunia khusus didedikasikan untuk open source e-commerce dengan lebih dari 700 ribu anggota pada saat ini.
PrestaShop secara resmi diluncurkan pada bulan agustus 2007. PrestaShop itu sendiri dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Smarty Template engine. Bagi anda yang ingin mudah membangun bisnis online tidak ada salahnya anda mencoba fitur open source commerce ini.
Terdapat 2 cara untuk menginstall Prestashop:
1. Menginstal dengan XAMPP,
2. Menginstal dengan Softaculous di cPanel hosting.

Cara Menginstal Prestashop dengan XAMPP

Sebelum Anda menggunakan prestashop, pastikan terlebih dahulu Anda sudah mendownload dan menginstal seluruh software yang Anda butuhkan. Terlebih dahulu Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi XAMPP dan Prestashop pada computer anda.  Nah setelah itu, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka file instalasi XAMPP. Namun, apabila Anda belum menginstal XAMPP pilih “Server -> Apache dan MySql”, “Program Languages -> PHP”, “Program Languages -> phpMyAdmin” dengan cara memberi tanda centang sebagai komponen wajib.
Selanjutnya klik “Next”, maka proses instalasi akan berjalan hingga selesai. Lalu klik “Finish” untuk menyelesaikannya.
Buka aplikasi XAMPP. Lalu mengklik tombol “Start” pada pilihan “Apache” dan “MySql” untuk bisa menjalankannya.
 Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah meng-extract folder PrestaShop dalam bentuk .zip yang telah Anda download sebelumnya. Kemudian, paste folder tersebut pada direktori “Local disk C ->XAMPP ->htdocs” agar file keluar.
Selanjutnya untuk mebuat database Anda bisa membuka PHPMyAdmin “http://localhost/phpmyadmin” (tanpa tanda petik) pada browser Anda. Kemudian, masukkan nama database sesuai keinginan Anda misalnya “PrestaShop”, lalu klik tombol “create” untuk membuatnya.
 Nah, Sekarang buka PrestaShop Setup Wizard, Anda bisa menggunakan alamat link “http://localhost/prestashop” (tanpa tanda petik). Kemudian klik “Next”.
 Nah pada langkah install selanjutnya Anda bisa memberi tanda centang sebagai persetujuan dengan ketentuan. Lalu klik “Next” atau “Berikutnya” untuk melanjutkan.
 Isikan seluruh data informasi yang diminta, setelah itu klik “Next” atau “Berikutnya” untuk melanjutkan.

 Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengisi data sesuai database yang sebelumnya telah Anda buat pada PHPMyAdmin. Kemudian Klik “Next” atau “Berikutnya”.
 Selanjutnya tunggu hingga proses instalasi berjalan sampai selesai.
 Apabila proses instalasi telah selesai, maka akan ada tampilan keterangan bahwa proses instalasi sudah selesai.

 Agar Anda bisa masuk dalam PrestaShop yang telah Anda install sebelumnya. Anda akan diminta untuk menghapus folder “install” dalam folder “Prestashop” yang berada dalam direktori “Local disk C ->XAMPP ->htdocs”.
 Nah selanjutnya Anda bisa masuk ke web PrestaShop Anda dengan cara memasukkan alamat email dan kata sandi yang sesuai dengan pada saat proses instalasi PrestaShop yang Anda lakukan sebelumnya . Lalu tekan tombol “Login” untuk masuk.

 Jika berhasil Login atau masuk, maka Anda akan masuk ke halaman dashboard PrestaShop. Seperti gambar berikut ini.
 Anda juga akan melihat halaman situs jual beli milik Anda seperti gambar di bawah ini.
Menginstal lewat XAMPP di atas memang berguna jika kamu menginstal di localhost atau jika kamu mempunyai VPS sendiri atau server collocation, namun terdapat cara yang lebih mudah jika kamu telah mempunyai account hosting murah 

No comments:

Post a Comment