loading...
loading...

Friday, August 30, 2019

Cara Menginstal Prestashop dengan cPanel Hosting

Untuk cara menginstalnya, kami telah menyediakan video tutorial di YouTube Channel kami di bawah ini. Silahkan play video di bawah ini.
Itulah 2 cara menginstal prestashop dengan XAMPP. Sangat mudah sekali bukan?
Cara Menggunakan PrestaShop untuk Website
Membuat sebuah toko online secara gratis dengan menggunakan prestashop cukup mudah dan tidak perlu pengetahuan pemrograman web yang sudah ahli. Langkah-langkah dasarnya hanya install, konfigurasi , mengupload katalog produk lalu mempromosiknnya toko online yang Anda miliki.
PrestaShop ini merupakan  fitur yang diterjemahkan ke dalam 63 bahasa termasuk didalamnya ada bahasa Indonesia. Membangun sebuah bisnis dengan menggunakan fitur ecommerce secara gratis ini bisa menjadi salah satu alternative bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis dan usaha Anda.
PrestaShop memiliki banyak fitur yang sangat hebat, selain front-end tetapi juga terdapat fitur back-office. Nah, kami akan menjelaskan beberapa keunggulan dari prestashop ini sehingga sangat banyak sekali orang dan menjadi favorit bagi orang-orang yang menggunakannya sebagai solusi dalam membangun toko online mereka. Terdapat 2 bagian fitur yang dimiliki oleh prestaShop yakni sebagai berikut.
  1. Fitur Front-Office
Pada fitur front Office, Anda bisa menggunakan beberapa fitur berikut ini.
  • Menampilkan produk (Terlaris, item baru, ..) di homepage.
  • Built-in gambar produk zoom
  • Akun pengguna dan pembeli berlangganan
  • Metode pembayaran tak terbatas
  • Modul Google Checkout yang siap diaktifkan
  • RSS feed
  1. Fitur Back-Office
Sedangkan untuk, fitur Back Office Anda bisa menggunakan hal-hal berikut ini untuk membuat toko online Anda menjadi toko online terbaik dan mudah untuk mengelolanya.
  • Fitur lengkap teks editor WYSIWYG (What You See Is What You Get)
  • Kategori dan subkategori yang tak terbatas
  • Pengaturan mata uang berbeda dan pengaturan pajak
  • Modul SMS
  • Pemberitahuan status pengiriman yang bisa disesuaikan
  • URL dan Permalinks yang ramah
  • Enkripsi SSL
  • Mesin Smarty Templating
Beberapa fitur yang sudah dijelaskan diatas merupakan sebagian kecil fitur yang ada di Prestashop. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihatnya sendiri secara lengkap pada saat Anda sudah menginstal PrestaShop yang masuk ke dalam kedua fitur tersebut.
Nah, apabila dilihat secara umum, PrestaShop memiliki beberapa fitur yang bisa Anda nikmati. Adapun beberapa fitur yang ditawarkan oleh PrestaShop ini adalah sebagai berikut:
  1. Languages
Anda bisa menerjemahkan prestashop ke dalam 63 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Jadi, bagi Anda yang masih belum mengerti bahasa inggris Anda bisa menggunakan PrestaShop ini dengan cara yang sangat mudah.
  1. Templatable
Anda juga bisa dengan mudah merubah desain atau tampilan dari toko online Anda dengan cara menginstal template baru yang Anda inginkan. Atau Anda juga bisa mengubah template dengan source code.
  1. Shopping Chart
Adanya fitur shopping chart ini akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan Anda untuk memesan dan membeli produk dari toko online Anda.
  1. Store Builder
Anda dapat membuat katalog produk yang akan dijual tanpa batasan dengan menggunakan fitur store builder ini
  1. e-Marketing
Anda bisa mempromosikan barang yang Anda jual dengan menggunakan PrestaShop ini karena adanya fitur yang mendukung sistem eMarketing. Dengan begitu, Anda akan bisa memanjakan pelanggan untuk tetap loyal berbelanja di toko online Anda.
  1. Mobile
Anda bisa mengakses toko online Anda melalui berbagai platform web browser yang Anda inginkan. Hal ini karena PrestaShop mendukung responsive design.
  1. Sales Reports
Anda bisa menganalisa dan melihat statistic atau perkembangan dari penjualan Anda karena PrestaShop dilengkapi dengan brilian sistem analisa. Dengan begitu Anda bisa melihat laporan penjualan setiap saat.
  1. Addons
Anda bisa menambahkan fitur-fitur baru pada toko online yang Anda miliki karena PrestaShop ini didukung dengan adanya  sistem berbasis modules.
  1. EO Optimised
Bagi Anda yang ingin mengoptimasi peringkat toko online Anda di mesin pencari, Anda bisa menggunakan fitur yang ada di PrestaShop. PrestaShop ini  didukung dengan menggunakan SEF URL, meta keywords, meta data, dan lain sebagainya.
Cara Mengganti Theme Prestashop
PrestaShop ini merupakan CMS yang sangat kami rekomendasikan bagi semua pengguna web hosting Indonesia. Hal ini karena PrestaShop memiliki kehandalan dalam memfasilitasi kebutuhan dalam membangun website toko online. Hal ini dibuktikan dengan didapatkannya penghargaan Open Source Award yang diperoleh oleh Prestashop di tahun 2011. Prestashop merupakan sebuah situs yang mendapatkan penghargaan  Open Source Awards dalam kategori The Best Open Source Business Application. Jadi, masih ragu untuk menggunakan PrestaShop dalam membangun bisnis online Anda?
Nah, untuk membedakan toko online yang Anda miliki dengan toko online yang lainnya, akan lebih baik jika Anda memiliki themes atau tema PrestaShop yang sesuai dengan gaya khas agar toko online anda memiliki ciri khas. Situs prestashop ini sudah menyediakan banyak theme yang bisa anda pilih dan anda gunakan, baik theme yang berbayar yang bisa Anda download dan anda gunakan secara mudah.
Bagi Anda yang ingin mengganti Theme prestashop, Anda bisa mencoba cara berikut ini. Pada kali ini kami akan memberikan contoh mengganti theme prestashop versi 1.6:
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus login atau masuk ke admin prestashop yang sudah Anda install sebelumnya menggunakan user dan password yang Anda miliki.
 Setelah Anda sudah berhasil login, selanjutnya anda bisa memilih menu Preferences dan pilih menu Themes.
 Nah, setelah Anda sudah masuk ke mene themes Anda bisa memilih Add New Themes untuk menambahkan tema terbaru Anda.
 Selanjutnya Anda akan diperlihatkan dengan sebuah tampilan untuk mengupload file template yang sudah Anda download sebelumnya dengan Klik icon Add file.
 Nah, selanjutnya setelah file template dalam bentuk .zip sudah anda pilih dan terupload maka klik save untuk menyimpan perubahan. Tunggu proses instalasi themenya hingga selesai.
 Apabila sukses Anda akan mendapatkan pesan “successful upload”, namun jika proses Anda gagal maka akan muncul pesan error dengan tulisan “bad configuration file”. Nah, agar tidak terjadi error Anda bisa mengecek file yang ada di dalam zip dengan cara meng-unzip file tersebut. Pastikan didalam file zip berisi file modules, config.xml, dan juga themes. Selain itu pastikan instalisasi template sesuai dengan versi prestashop yang anda gunakan pada saat ini.
 Cara Optimasi Prestashop untuk Toko Online
Bagi Anda yang membangun Toko Online dengan prestashop, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan perfoma toko online Prestashop agar bisa lebih cepat dan ringan ketika diakses. Nah, berikut beberapa cara agar prestashop untuk toko online anda lebih optimal.
  1. Smarty Force Compile
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalh mengecek apakah Smarty Force Compile Anda sudah dikonfigurasi dengan benar. Fitur Smarty Force Compile  ini merupakan fitur yang menjadi pilihan para developer untuk mencari error (debugging) pada website Prestashop yang anda miliki.
Adapun Cara adalah sebagai berikut:
  • Lakukan login ke admin Prestashop anda terlebih dahulu.
  • Lalu, pindah ke tab Preferences > Performance > Smarty.
  • Selanjutnya Cek apakah “Force compile” sudah bernilai No.
  • Selain itu juga anda Cek apakah “Cache” sudah bernilai Yes.

  1. CCC (Compress, Combine, Chace)
Sesuai dengan namanya, jika anda menggunakan CCC untuk mengoptimasi prestashop anda. Dengan CCC memungkinkan data yang ditransfer dari server untu di Compress, Combine, Cache terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar toko online bisa diakses dengan lebih cepat. Untuk menggunakan fitur ini anda arus mengaktifkannya terlebih dahulu.
Adapun cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:
  • Pertama, login ke halaman admin Prestashop Anda.
  • Lalu, setelah itu buka tab Preferences > Performance > CCC (Combine, Compress, Cache).
  • Nah, selanjutnya anda harus pastikan semua fitur pilihan berstatus “Enable”, kecuali bagian “High risk HTML compession” biarkan bernilai “Keep W3C Validation”.
  • Klik Save untuk menyimpan.

  1. Ciphering
Apabila Anda menggunakan ciphering, maka kemungkinannya akan terjadi enkripsi pada file cookies yang dihasilkan oleh Prestashop Anda. Walaupun ini tidak umum terjadi, namun pada dasarnya opsi Rijndael manajemen cookies-nya akan bisa lebih cepat dibanding jika Anda menggunakan Blowfish (default).
Anda bisa mengubah Ciphering dengan cara berikut ini:
  • Anda bisa melakukan login ke admin Prestashop anda terlebih dahulu untuk bisa melakukan optimasi .
  • Lalu pilih tab Preferences > Performance > Ciphering.
  • pilih opsi “Use Rijndael with mcrypt lib” Pada bagian Algorithm. Namun sebelumnya Anda harus mengaktifkan dulu fungsi PHP mcrypt di server Anda. Anda bisa mengontak provider hosting terlebih dahulu untuk aktifasi fungsi yang dimaksud.

  1. System Cache
Prestashop sendiri sudah menyediakan beberapa opsi System Cache seperti MemCached, XCache, atau File System (default) untuk  menyelesaikan berbagai masalah cache data berukuran besar dengan sistem penyimpanan cache yang terdistribusi ke memory. Teknik yang paling populer adalah MemCached.
Teknik ini telah digunakan sejak lama oleh Wikipedia dan Twitter . Namun untuk mengaktifkan sistem ini anda harus pasang ekstensi di server anda terlebih dahulu. Sehingga beberapa provider mungkin tidak mendukung untuk melakukan optimasi dengan teknik ini. Nah, sebagai alternative anda bisa mengaktifkan Xchace atau file syste terlebih dahulu untuk digunakan sebagai system cache default mi
 Anda bisa mengaktifkannya dengan cara berikut:
  • Masuk ke halaman admin Prestashop anda.
  • Klik tab Preferences > Performance > Caching.
  • Pilih opsi centang untuk mengaktifkan “Use Cache”.
  • Kemudian pada opsi “Caching System” pilih MemCached atau anda bisa memilih File System.
  • Klik Save untuk menyimpan perubahan.
  1. mod_deflate dan mod_expires
dengan menggunakan mod_deflate , maka anda secara tidak langsung akan mengkompresi file yang dikirim ke alat jelajah pengunjung anda. Sedangkan untuk fitur mod_expires ini digunakan untuk mengatur batas caching Anda.
Nah, cara untuk mengaktifkan fitur-fitur ini adalah sebagai berikut:
  • pertama anda bisa login ke halaman admin Prestashop anda.
  • Lalu pilih tab Tools > Generators.
  • Pilih opsi Optimization dengan cara mencentangnya.
  • Pilih “Generate .htaccess file” dengan begitu secara otomatis akan dibuat file .htaccess. selain itu, anda juga akan mengaktifkan fungsi mod_deflate dan mod_expires server anda sekaligus.
  1. Statistik
PrestaShop Anda yang lambat bisa saja terjadi karena statistik yang tidak pernah dibersihkan. Statistik yang tidak pernah dibersihkan ini dapat membebani kerja server dan memakan space anda. Maka  dari itu, untuk bisa mengoptimalkan penggunaan prestashop Anda, pastikan tabel statistik Anda dibersihkan secara otomatis oleh sistem PrestaShop secara berkala.
Berikut cara yang bisa anda gunakan.
  • Awalnya Anda harus login ke halaman admin PrestaShop milik Anda.
  • Pindah ke tab Stat > Setting, lalu pilih opsi “Clean automatically” pilih Monthly untuk pembersihan otomatis setiap bulan.
  • Klik Save untuk menyimpan perubahan.
Tips dan Trik Soal Prestashop
Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menginstal prestashop adalah sebagai berikut:
  1. Bagi Anda yang ingin menginstal prestashop, Anda akan mendapat penghargaan di dunia maya. Hal ini karena prestashop merupakan software Solusi Open Source Terbaik E-Commerce pada tahun 2010 dan 2011 lalu.
  2. Prestashop memiliki segudang fitur yang bisa anda gunakan, yakni kurang lebih ada sekitar 250 fitur, diantaranya:
    • Disupport dengan bahasa Indonesia
    • Memiliki fitur yang lengkap seperti cart, featured products,tag produk, dll.
    • Anda bisa membedakan antara pemasok dan merek
    • Terdapat tag produk
    • Anda bisa menggunakan penjualan dan pembelian dengan berbagai jenis Anda dapat menggunakan berbagai macam jenis pembayaran seperti paypall, kartu kredit ataupun menggunakan bank-bank lokal.
    • Terdapat fitur bingisan hadiah
    • Anda bisa meretur orderan dengan fitur yang disediakan.
  3. PrestaShop merupakan open surce e-commerce yang tercepat, paling ringan, dan merupakan software e-Commerce Open Source yang paling progresif.
  4. Apabila anda menggunakan Prestashop untuk menjalankan bisnis online Anda merasa lebih mudah untuk menemukan sebuah produk ditemukan. Selain itu, Anda juga akan mudah memperoleh informasi secara detail dari produk dan mudahnya menyelesaikan belanja beserta transaksinya.
Namun meskipun terdapat beberapa keuntungan, Prestashop juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Anda tidak dapat berinteraksi antara user Anda hanya bisa memberikan sebuah comment. Hal ini karena belum tersedianya media untuk interaksi antara user.
  2. Fitur Back-end yang dimiliki oleh prestashop sangat lambat untuk dikelola dan dimaintain.
  3. Bagi Anda yang menyukai template gratisan, prestaship mesih belum banyak menyediakan template gratis

No comments:

Post a Comment