loading...
loading...

Friday, August 30, 2019

10 CMS Untuk Membuat Forum

 Anda pasti familiar dengan Kaskus, kan? Bagi Anda yang sering browsing Internet, Anda pasti tahu bahwa forum komunitas adalah bagian besar dari dunia web. Kaskus adalah salah satu contoh forum yang paling terkenal di Indonesia. Anda pasti tahu bahwa Anda bisa menemukan banyak informasi di Kaskus. Cari topik aja dan Anda bisa menemukan jawabannya.
Forum komunitas sendiri sudah mulai ada sejak tahun 90-an dan dengan berjalannya waktu, forum web semakin bertumbuh dan semakin banyak dengan semakin banyaknya CMS untuk membuat forum di pasaran.
Jika Anda ingin membuat sebuah forum, Anda harus tahu bahwa menjalankan sebuah forum membutuhkan banyak usaha. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang-orang lebih senang menggunakan Facebook groups. Tetapi, dengan forum, Anda bisa memiliki control penuh atas konten, desain, dan struktur websitenya sendiri. Sebuah forum bisa menjadi jawaban yang tepat jika Anda ingin membangun sebuah komunitas.

Forum Diskusi

Sebuah forum diskusi, atau yang mungkin juga dikenal dengan istilah internet forum atau message board, bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis Anda dan mengundang pembaca blog dari berbagai penjuru dunia. Apapun yang bisnis Anda tawarkan, baik itu produk, layanan, atau konten yang benar-benar hebat, forum dapat menawarkan sejumlah besar keuntungan. Tidak hanya untuk Anda, tetapi juga kepada pengguna situs web Anda.

10 CMS Forum Terbaik

Berikut ini adalah list 10 CMS forum terbaik:

1.     vBulletin

Bagi Anda yang sudah sering browsing internet dari tahun 2000-an mungkin familiar dengan nama ini. vBulletin adalah sebuah perangkat lunak untuk membuat forum yang sudah ada sejak lama. Kebanyakan forum yang sudah besar dan terkenal dibuat dengan menggunakan vBulletin.
CMS forum yang satu ini pertama kali dirilis pada tahun 1999 dan sudah terkenal sebagai salah satu solusi web forum PHP. Saat ini, vBulletin sudah sampai pada vBulletin 5 dengan fitur kustomisasi yang beragam.
Setiap forum vBulletin memiliki built-in SEO dan fitur-fitur keamanan yang lengkap. Selain itu, vBulletin juga menyediakan berbagai pilihan tema kustom yang bermacam-macam. Setiap forum yang dibangun dengan vBulletin juga sudah dioptimasi agar menjadi mobile-friendly. Fitur ini membuat vBulletin menjadi salah satu CMS forum yang paling responsive.
Fitur-fitur vBulletin lainnya https://www.vbulletin.com/en/features/
Jika Anda menggunakan vBulletin, Anda memiliki control penuh atas banyak hal termasuk user dan moderator permissions, jumlah sub-forums, metadata, avatar pengguna, emoji kustom, dan masih banyak lagi.
Yang mungkin perlu diperhatikan adalah vBulletin bukanlah CMS forum yang paling mudah digunakan. Bahkan WordPress bisa dibilang lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan jika dibandingkan dengan vBulletin.
Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena vBulletin dapat memberikan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Memilih CMS untuk forum juga harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Tetapi vBulletin dijamin termasuk salah satu cms forum terbaik berdasarkan fitur-fitur yang mereka berikan dan pengalamannya.
Jika Anda tidak yakin ingin menggunakan vBulletin karena takut susah dipelajari atau Anda anggap terlalu mahal, masih ada alternative lain.

2.     Vanilla Forums

Salah satu CMS gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat forum adalah Vanilla Forum CMS. CMS yang satu ini juga menggunakan PHP dan adalah salah satu cms forum yang muncul beberapa waktu belakangan ini.
Vanilla Forum memiliki dua paket:
  • Open source gratis Vanilla forum dimana Anda bisa men-setup dan mengelola forum Anda
  • Sebuah forum dengan hosting cloud yang dikelola oleh tim mereka
Kedua opsi ini bisa Anda pilih selama Adna menggunakan software forum yang satu ini. Pilihan yang pertama memberi Anda kebebasan untuk mengelola forum sesuai kemauan dan kebutuhan Anda. Sementara pilihan yang kedua membantu Anda agar tidak pusing dengan pekerjaan admin dan membiarkan para expert yang bekerja. Tentunya Anda harus membayar untuk pilihan yang kedua.
Semua kode yang ada pada Vanilla forum adalah 100% open source dan gratis. Ini membuat pemecahan masalah pada Vanilla forum mudah untuk dilakukan. CMS yang satu ini memiliki komunitas developer yang siap dan mau membantu jika Anda menemukan masalah pada kode open source-nya. Selain itu, Google tentunya selalu siap untuk memberikan Anda solusi jika Anda terkena masalah.
Walaupun CMS ini gratis, bukan berarti mereka memiliki kualitas yang buruk atau rendah. Anda dapat menemukan banyak forum-forum besar menggunakan CMS Vanilla.
Vanilla menawarkan banyak pilihan kustomisasi. Anda mendapat control penuh atas desain keseluruhan forum, profil user, dan permissions untuk user dan moderator. Sebenarnya fitur ini membuat Vanilla mirip dengan vBulletin, tetapi gratis.
Vanilla juga memiliki fitur dimana Anda bisa mengkustomisasi badges atau lencana untuk user Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat support Q&A dan bahkan membuat mobile forum untuk pengguna smartphone.
Vanilla bisa dibilang sudah siap untuk langsung digunakan dengan setting professional. Selain itu Vanilla forum juga lebih mudah untuk dipelajari dibanding vBulletin. Ini menjadikan Vanilla sebagai salah satu pilihan yang tepat jika Anda ingin mencoba bermain dengan PHP.

3.     IPS Forums

Salah satu forum CMS yang sudah ada sejak lama adalah IPS Forums, yang sebelumnya dikenal dengan nama Invision Power Board. Pertama kali dibuat di tahun 2002, IPS Forums sering dianggap sebagai rival dari vBulletin.
Sampai sekarang, CMS ini masih terus berjalan dengan fitur yang sama, tetapi CMS ini di re-write di tahun 2012 untuk membuat paket Invision Power Service atau IPS. Termasuk di dalamnya. Termasuk di dalamnya adalah modul blog kustom, sebuah modul konten, modul e-commerce, dan modul galeri gambar.
Semua fitur ini termasuk di dalam satu paket IPS. Ini membuat IPS sebagai CMS yang bisa dibilang lebih dari sekedar komunitas forum. Tetapi fitur forumnya adalah salah satu yang paling advanced dan itu menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang tetap menggunakan IPS.
Jika Anda membandingkan IPS dengan vBulletin, vBulletin memiliki satu keuntungan besar atas IPS yang mungkin akan membuat Anda menjauh dari IPS. Anda hanya perlu membayar satu kali dengan lisensi seumur hidup untuk menggunakan vBulletin dan mendapatkan semua update dan supportnya.
Jika Anda menggunakan IPS, Anda akan dikenakan biaya perpanjangan setiap 6 bulan untuk terus mendapatkan dukungan dan update pada platform.
Namun jika Anda ingin membangun keseluruhan portal web maka IPS mungkin sepadan dengan harganya. Ini memiliki biaya dimuka yang lebih kecil dan jika Anda berencana untuk mendapatkan banyak dari situs web IPS Anda maka biaya tahunan dapat digulirkan ke biaya overhead Anda.

4.     bbPress

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, WordPress adalah CMS website yang paling banyak digunakan di dunia. Banyak pengguna WordPress yang ingin membuat forum di CMS WordPress. Tetapi Anda pasti sadar bahwa WordPress adalah sebuah platform blogging. Bagaimana cara menambahkan forum di website WordPress Anda?
Gunakan plugin bbPress.
Plugin ini menggunakan lisensi open source yang sama dengan WordPress sehingga Anda bisa mendownload dan langsung menggunakannya tanpa membayar biaya apapun. Plugin ini juga dibuat khusus agar langsung bisa digunakan secara bersamaan di dashboard WordPress Anda sehingga Anda bisa langsung mengelola website Anda dan forumnya di satu tempat yang sama.
Meskipun bbPress adalah sebuah plugin, Anda tidak perlu khawatir karena bbPress bekerja seperti forum biasa dan user bisa sign up, membuat profile, membuat threads, dan semua hal yang biasa dilakukan di forum.
Jika Anda ingin melihat seperti apa forum yang dibuat dengan bbPress, Anda bisa langung mengakses forum bbPress sendiri. Sama seperti WordPress, bbPress memiliki komunitas yang besar. Tetapi plugin-nya sendiri bisa dibilang sudah simple dan Anda secara langsung mendapatkan support.
Untuk cara instalasi plugin, Anda bisa membacanya di artikel Cara Install WordPress di cPanel.
Jika Anda ingin menggabungkan forum dengan website WordPress Anda menjadi satu, bbPress adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

5.     Discourse

Salah satu CMS open source forum adalah Discourse. CMS ini dibuat oleh Jeff Atwood yaitu orang yang membuat Stack Overflow.
Discourse adalah salah satu opsi non-PHP karena CMS ini dibangun di atas Ruby on Rails. Banyak forum besar menggunakan Discourse karena ini bisa dianggap sebagai sebuah platform komunikasi dibanding CMS untuk komunitas besar.
Sebagai contoh, komunitas developer Twitter menggunakan Discourse karena Discourse lebih mudah digunakan dibanding CMS forum lainnya.
 Discourse juga menawarkan kustomisasi plugin integrase untuk Slack, Google Analytics, dan WordPress.
Discourse tidak bekerja seperti CMS forum pada umumnya. Discourse tidak memiliki alternative sub-forum. Homepage-nya akan menampilkan semua threads baru secara default. Ini mungkin akan membuat homepage Anda terasa penuh. Bisa dibilang, Discourse tidak se-organisir CMS forum lainnya. Tetapi jika Anda menginginkan system CMS yang mudah digunakan, Discourse bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

6.     phpBB

phpBB adalah salah satu platform CMS yang banyak digunakan. CMS forum yang satu ini juga open-source dan menawarkan user experience berkualitas tinggi walaupun gratis.
phpBB juga merupakan salah satu CMS forum yang paling simple untuk digunakan dan Anda bisa menjalakannya dengan mudah. Anda hanya perlu mendownload phBB dari website resminya, meng-install phpBB di server PHP atau MySQL, dan mulai membuat board diskusi.
Sama dengan CMS open source pada umumnya, phpBB juga memiliki komunitas support yang besar. Anda juga tidak perlu khawatir karena phpBB sudah dioptimasi untuk mobile.
Selain itu, resources mereka juga gratis. Jika Anda bisa menemukan extension atau theme yang ingin Anda gunakan, Anda tinggal mendownload-nya dan menjalakannya di forum Anda. Platform forum yang satu ini juga mendukung 50+ Bahasa sehingga Anda bisa menggunakan Bahasa local jika dibutuhkan.

7.     MyBB

MyBB juga merupakan salah satu CMS forum yang sudah cukup lama. Pertama kali dirilis pada tahun 2002 sudah berjalan selama hampir 2 dekade secara konsisten.
Di dalam admin panelnya, Anda mendapat control penuh atas theme forum, fungsi-fungsinya, calendar, polling, profil, private message, chat, dan masih banyak lagi.
 Gambar di atas adalah contoh forum yang dibuat dengan menggunakan MyBB. Forumnya sendiri terlihat mirip dengan vBulletin sehingga ini bisa menjadi alternative yang baik jika Anda tertarik untuk menggunakan vBulletin.
Sayangnya platform myBB masih kurang mendapat support mobile. Di jaman sekarang dimana banyak orang menggunakan smartphone untuk browsing Internet, ini bisa merugikan dibanding menguntungkan.
MyBB mendukung beberapa Bahasa sehingga ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin membuat website international.
Mungkin fitur-fitur MyBB terdengar terbatas, tetapi kalau Anda hanya membutuhkan platform komunitas yang simple dan gratis, Anda bisa mencoba myBB.

8.     Simple Machines Forum (SMF)

Simple Machines Forum atau SMF adalah sebuah platform yang didukung oleh PHP dan mengikuti struktur vBulletin. Sayangnya, system SMF bisa dibilang sebagai salah satu yang paling sulit untuk dikustomisasi.
Para developer sering mengatakan bahwa SMF adalah salah satu forum CMS terbaik di luar sana, tetapi CMS yang satu ini juga termasuk yang susah untuk dipelajari. Anda butuh waktu untuk mempelajarinya agar Anda bisa memanfaatkan fitur-fiturnya di forum Anda. Meski begitu, SMF menawarkan salah satu user experience terbaik.
Kalau Anda tidak keberatan untuk mempelajarinya, SMF bisa membantu Anda membuat forum yang hebat.

9.     NodeBB

Semakin banyak developer berpindah ke Node.js karena kemampuan kustomisasi dan kemudahan penggunaan. Nah, kalau Anda ingin menggunakan setup Node.js, NodeBB bisa menjadi CMS forum yang tepat.
Sayangnya forum ini tidak gratis dan sedikit lebih sulit untuk di-setup. Anda perlu memiliki background web development untuk benar-benar bisa bekerja dengan NodeBB.
NodeBB sendiri sebenarnya salah satu CMS yang bagus karena mereka memfokuskan perhatian mereka pada user experience. Karena ini adalah stack JavaScript penuh, halaman biasanya dimuat melalui Ajax secara dinamis, membuat user experience-nya terasa jauh lebih mulus.
Gambar di atas adalah contoh forum yang dibuat dengan NodeBB. Profil pengguna dan thread forumnya sendiri didesain dengan simple dan theme defaultnya juga bisa dikatakan cukup basic. Tetapi jika Anda mau belajar tentang bahasa templating, Anda bisa melakukan beberapa hal lebih dengan NodeBB.
Mungkin Anda bisa melihat bahwa CMS forum yang satu ini lebih cocok untuk developer. Jadi kalau Anda hanya ingin sebuah CMS forum yang simple, yang satu ini tentunya bukan pilihan yang tepat.

10.  Xenforo

Pada akhir tahun 2000-an, beberapa pendiri original vBulletin keluar dan membangun forum baru. Forum tersebut melalui banyak perubahan sampai akhirnya menjadi XenForo. Anda mungkin pernah melihat forum-forum yang menggunakan XenForo karena penggunanya bisa dibilang banyak sejak CMS ini dirilis. XenForo dibuat berdasarkan vBulletin original sehingga ada banyak ide-ide seperti nested comments, breadcrumbs, dan balasan Ajax dinamis.
Untuk harga, harga lisensinya bisa dibilang lebih murah dari vBulletin dan termasuk dalam lisensinya adalah 12 bulan support untuk setiap lisensi. Jika Anda melihat demo forum Xenforo, Anda akan melihat bahwa mereka memiliki style yang mirip dengan vBulletin.
XenForo adalah pilihan yang sangat solid. CMS ini didukung oleh komunitas yang siap membantu kapan saja. XenForo hadir dengan panel admin yang sangat bersih sehingga merupakan salah satu forum yang mudah dikelola. Tetapi Xenforo tidak memiliki banyak add-ons atau templates.

Simpulan

Jika Anda sedang bingung  untuk memilih platform forum, sebaiknya pikirkan dulu tujuan Anda. Apakah Anda mencari CMS gratis atau lebih suka membayar untuk dukungan & fitur tambahan?
Pilihan platform berbayar yang paling unggul adalah vBulletin dan XenForo. Tapi jika Anda ingin pilihan gratis, Anda bisa menggunakan Vanilla Forum dan MyBB.
Sebenarnya semua forum CMS ini fantastis, hanya saja setiap CMS memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Semua tergantung pada kebutuhan dan keinginan Anda. Lihatlah lagi apa Anda inginkan dan butuhkan, kemudian pilih dari CMS-CMS yang disebutkan di atas. Semoga membantu!

No comments:

Post a Comment