loading...
loading...

Thursday, May 16, 2019

Mengenal jenis dan fungsi produk sebelum Unifi sebelum membeli

Apa itu UniFi?

UniFi adalah series produk yang dikeluarkan oleh UBNT yang didesaian khusus  untuk membangun dan mengembangkan  jaringan kelas konsumer/enterprise berbasis wifi (bukan operator seperti ISP untuk jaringan trunk).Dengan menggunakan perangkat UniFi konsumen lebih dimudahkan dalam pengelolaan dan pegembangan jaringan wifi yang dimilikinya, karena UniFi bersifat flexible dan scalable.
UniFi boleh dibilang menjadi Global Leader dalam bidang management Wifi System .Jika kamu ingin membangun jaringan Wifi untuk kantor /rumah atau fasilitas umum,Memilih UniFi adalah pilihan yang cerdas,karena perangkat mudah dimanage darimanapun dengan aplikasi UniFi controller dan mudah dikembangkan tanpa harus merubah atau mengganti perangkat yang ada.

Produk dan Fitur UniFi

UniFi Mempunyai beberapa jenis produk,dimana produk ini meliputi perangkat Wifi dan perangkat atau module pendukung untuk customisasi jaringan Wifi yang menggunakan UniFi .
Alangkah lebih baik jika kamu sebagai konsumen yang cerdas mengenal terlebih dahulu perangkat/barang yang akan kamu beli,mulai dari kemampuan perangkat dan spesifikasinya.Mengetahui produk sebelum membeli menjadi modal agar ketika membeli produk dapat memilih dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan (tidak kurang dan tidak lebih).

 Access Point

Access Point adalah perangkat untuk membuat jaringan Hotspot kelas konsumer dan corporate (Bukan untuk jaringan trunk ISP)  ,Fungsi alat ini sama seperti perangkat AP pada umumnya dan hanya berfungsi sebagai bridge,Dalam setiap series disediakan 2 pilihan operasional frekuensi yaitu 2.4GHz dan 5GHz.
a. Unifi HD (High Density) 
Didukung dengan teknologi 802.11ac Wave 2 MU‑MIMO (Multi‑User, Multiple Input, Multiple Output),yang memungkinkan perankat AP berkomunikasi dengan banyak client dalam satu waktu,yang akan meningkatkan kecepatan  multi user throughput.perangkat ini menggunakan Hardware khusus yang diopimasi untuk teknologi MU-MIMO .Data dikirim dan diterima menggunaan multiple antena untuk meningkatkan throughput dan jangkauan.
teknologi UniFi HD MU-MIMO
Radio Rate /keceptan transfer untuk perangkat  ini adalah 450Mbps-800Mbps untuk frekuensi 2.4GHz dan 1300Mbps-1733Mbps untuk frekuensi 5GHz.tersedia untuk pemasangan indoor dan outdoor
b.UniFi AC
Didukung dengan teknologi 802.11ac Dual Radio Access Point,radio ini lebih cepat 5x dari standar radio AP 802.11n , dengan desain yang kecil dan ramping,perangkat ini sangat cocok dipasang didalam ruangan baik di langit-langit atau tembok.
beberapa produk UniFi AC
Radio Rate /keceptan transfer untuk perangkat  ini adalah 300Mbps-800Mbps untuk frekuensi 2.4GHz dan 867Mbps-1733Mbps untuk frekuensi 5GHz.tersedia untuk pemasangan indoor dan outdoor
UniFi Mesh
Sesuai namanya jika kamu inginmembangun jaringan hotspot yang sangat luas dan ingin termanage dengan baik,UniFi mesh menjadi pilihan yang tepat,karena perangkat ini bisa dipasang di dalam dan diluar rungan (anto air) dan dapat digabungkan juga dengan antena high gain ubnt lain nya, membangun outdoor wifi hotspot akan menjadi sangat mudah jika kamu menggunakan perangkat ini.
UniFi Mesh memperluas jaringan wifi dengan mudah baik indoor dan outdoor
produk ini tersedia dalam bentuk patch panel dan batang seperti pulpen bahkan ukuran nya lebih besar sedikit dari sebuah pulpen.
UniFi In-Wall
ide utama dari produk ini adalah untuk menggantikan jack ethernet LAN yang biasanya dipasang di dinding kamar /ruangan dan menggantinya dengan hotspot yang bersifat lokal per ruangan (jangkauan pendek), aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk perhotelan atau untuk rumah dan kantor.
unifi in wall solusi pengganti jack ethernet di dinding,lebih praktis dan rapi

Consolidate

Berikut adalah perangkat UniFi yang berfungsi sebagai media penghubung dan pusat kontrol untuk perangkat UniFi yang terpasang dalam jaringan.
USG (UniFi Security Gateways) /Router
Merupakan Router yang dibuat khusus untuk memanage perangkat UniFi, dalam router ini sudah include UniFi Controller,VPN server dan Firewall.
UniFi Router include unifi controller dan firewall untuk jaringan unifi anda
UniFi PoE Switches + UniFi Switches
PoE Switch merupakan switch yang telah disupport oleh 24v pasive PoE (Power over Ethernet) untuk menghidupkan perangkat UniFi melalui jalur kabel LAN .
Jika kamu mempunyai banyak perangkat UniFi yang terpasang dengan fasilitas PoE sebagai media powernya  dan berujung di satu switch,alangkah baiknya kamu menggunakan perangkat ini agar kamu tidak perlu menggunakan switch dan POE secara terpisah,dengan menggunakan perangkat ini maka pengkabelan menjadi lebih rapi dan mudah dimaintenance.
mengelola PoE akan lebih mudah jika menggunakaan UniFi PoE Switch
Selain fasilitas PoE dan switch,perangkat ini juga mendukung fitur VLAN dan fail over (switching,mirroring dan aggregate).
UniFi Cloud Key
fungsi utama dari alat ini adalah menyediakan fitur cloud access terhadap unifi controller yang berada dijaringan lokal agar kita bisa mengakses nya dari manapun menggunakan internet tanpa harus megexpose ip public kita ke jaringan internet baik dengan menggunakan port forwarding ataupun langsung memasang ip public pada unifi controller.
Dengan UniFi Cloud key maka tidak diperlukan lagi IP public untuk mengakses jaringan lokal mellaui internet ,seperti ketika kita menggunakan port forwarding yang diharuskan memiliki kontrol penuh terhadap IP public. Selain kemudahan,UniFi Cloud Key memberikan cara yang cerdas dan aman  untuk mengakses perangkat lokal menggunakan jaringan  internet tanpa mengexpose service port ke internet,karena UniFi Cloud key menggunakan teknologi cloud .
perangkat ini dilengkapi dengan UniFi controller dan cloud key itu sendiri, bentuk nya hampir seukuran UniFi mesh, penggunaan nya tidak memerlukan penginstallan,tinggal colok dan setup penggunakan web interface dengan mengakses IP UniFi Cloud Key yang telah kita tancapkan ke switch.
mengakses jaringan unifi darimanapun lebih mudah dan aman dengan unifi cloud key

Surveilance

UniFi menyediakan produk untuk pengawasan keamanan berupa CCTV ber basis IP yang bisa diintegrasikan ke jaringan yang telah ada untuk mentransmisikan data ke NVR atau ke pusat kontrol.
UniFi Cameras
UniFi camera tersedia untuk indoor dan outdoor dengan resolusi 1080p dan dilengkapi dengan IR untuk mendukung pengawasan tanpa cahaya dimalam hari.
unifi cameras pilihan tepat untuk solusi keamanan properti anda
UniFi NVR
Merupakan perangkat yang digunakan untuk merekam video yang berasal dari feed IP CCTV , UniFi NVR ini dirancang khusus dengan segala kemudahan untuk memanage UniFi camera,dimana NvR akan secara otomatis mengenali UniFI camera yang terpasang di jaringan yang sama dengan UniFi NVR dan yang paling keren adalah telah dilengkapi dengan teknology hybrid cloud sehingga kita bisa mengakses CCTV feed darimanapun di belahan dunia ini dengan  menggunakan internet.
Merekam dan memanage unifi camera menjadi lebih mudah dengan UniFi NVR , sudah support hybrid cloud key untuk akses darimanapun melalui internet

TelePhony

Ubiquity bukan hanya menyediakan perangkat networking,namun telah merambah ke perangkat office berupa VoIP telephone, perangkat telefon ini menggunakan OS android dan menggunakan jaringan internet / jaringan berbasis TCP IP sebagai jalur untuk mentransmisikan VoIP data.
dengan perangkat unifi VoIP anda tidak perlu lagi membayar biaya telfon jika hanya untuk sekedar menelefon ke cabang lain atau divisi lain
 Dengan menggunakan UniFi VoIP tidak lagi diperlukan pulsa atau biaya untuk  membayar sewa  aplikasi VoIP,cukup tancapkan UniFi VoIP ke jaringan yang telah ada lalu setting  maka komunikasi antar divisi,gedung,atau bahkan antar cabang bisa dilakukan secara gratis dengan perangkat UniFi VoIP ini.
beberapa produk UniFi VoIP Phones
Perangkat ini juga bisa dipadukan dengan line telefon dari telkon dengan menambahkan dan mengkonfigurasi PBX server.

Kesimpulan

Untuk membeli suatu produk hendaknya kita sebagai konsumen yang cerdas mengetahui fitur,kemampuan dan spek secara teknis produk yang dijual oleh vendor.informasi inilah yang nantinya akan kita gunakan sebagai dasar pertimbangan untuk memilih produk secara tepat sesuai dengan projek yang sedang kita kerjakan agar hasilnya optimal.

No comments:

Post a Comment