loading...
loading...

Wednesday, April 24, 2019

Pengertian Asterisk,VOIP,dan SIP(singkat)


Voice over Internet Protocol atau VoIP merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP, seperti internet maupun packet-switched network. Dengan menggunakan VoIP, kita dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog. Beberapa layanan VoIP hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan layanan yang sama. Tetapi ada juga layanan VoIP yang dapat melakukan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon,lokal,jarak jauh,mobile phone bahkan nomor internasional.

Pengertian Asterisk

Asterisk adalah software IP PBX untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet atau biasa disebut VoIP (Voice over Internet Protocol). Asterisk merupakan software open source yang berjalan pada sistem operasi berbasis Linux. Asterisk salah satu software server VoIP yang di distribusikan melalui GPL (General Public License). Asterisk disebut juga IP PBX, karena memiliki fungsi dan kemampuan layaknya PBX namu berbasis IP. Asterisk biasanya digunakan untuk membangun suatu sistem layanan komunikasi serta memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengembangkan suatu sistem layanan komunikasi serta telepon sendiri dengan kustomisasi yang seluas-luasnya diberikan kepada pihak pengguna.

Pengertian SIP

SIP (Session Initiation Protocol) adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang bisa meliputi suara, video, dan text. SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan pondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna

No comments:

Post a Comment